Kamis, 24 Maret 2016

Project profile SCL

SCL atau simple class library merupakan project utama dari Generasi Mandiri dimana konsep awal adalah pendidikan Informil yang dikembangkan khusus untuk pengembangan softskill kemampuan dalam bahasa asing seperti bahasa mandarin, bahasa jepang, bahasa inggris dengan semua yang membantu di dalam kegiatan ini tanpa dibayar sedikitpun. SCL sendiri merupakan kelas-kelas pelatihan skala kecil dengan jumlah peserta yang kami batasi antara 10-25 orang dengan di dampingi oleh seorang mentor. SCL beraktifitas setiap sabtu dan minggu di Perpustakaan Museum Bank Mandiri.

SCL dibentuk bertujuan sebagai fokus kegiatan utama dari Generasi Mandiri dalam mengembalikan fungsi utama dari sebuah perpustakaan yaitu sebagai pusat pembelajaran. Seiring perkembangan yang kami lakukan, SCL tidak hanya berfokus kepada pembelajaran bahasa asing berupa kelas bahasa inggris, bahasa mandarin, dan bahasa jepang saja tetapi kami juga berusaha mengembangkan bahasa korea, pelatihan teoritis komputer dasar, tari tradisional, kelas melukis dan juga kelas menggambar untuk anak-anak.

Tantangan yang sering dihadapi oleh kegiatan SCL adalah dari SDM pengajar yang bersedia untuk mengajar dengan tanpa imbalan, maka dengan itu kami berusaha bekerjasama dengan komunitas atau NGO untuk membantu kami dalam hal publikasi tenaga pengajar. Selain tenaga pengajar, hal yang paling susah ialah mempertahankan agar peserta kami tetap fokus dan terarah dalam pendidikan mereka, memang kegiatan kami tidak terikat sehingga kami tidak dapat berbuat banyak apabila volunteer atau peserta tidak rutin tapi kami berusaha agar kegiatan ini tetap terus berjalan dengan mengembangkan berbagai inovasi dan mengembangkan rencana belajar yang terfokus dan terarah.

Saat ini kami ingin mengubah fokus target peserta kami dari semula adalah peserta kami umum, kami ingin mengubah dengan peserta dengan instansi atau institusi yang kami ajak kerjasama dengan harapan peserta nantinya juga dapat terikat dengan kerjasama ini dan juga rencana pendidikan menjadi lebih terarah. Melalui kerjasama ini kami juga berharap tenaga pengajar juga lebih bersemangat mengajar karena peserta yang hadir selalu rutin setiap minggu nya.

Ada beberapa skema yang kami akan tawarkan melalui kerjasama SCL.
1. Dengan institusi sekolah - kami ingin bekerjasama dengan sekolah-sekolah di kawasan kota tua untuk dapat menjadi penyedia kegiatan ektrakurikuler sekolah tersebut dalam pengembangan kurikulum terarah dan dapat terpantau oleh dua pihak antara kami dan sekolah
2. Dengan komunitas / NGO - kami bekerjasama untuk publikasi kegiatan dan juga merekrut peserta dari internal komunitas tersebut dimana beberapa anggota komunitas/NGO yang sudah memiliki royalitas terhadap kegiatan nya diharapkan dapat rutin berkegiatan bersama kami

Kami harapkan dengan beberapa skema tersebut dapat menguntungkan semua pihak yang bekerjasama dengan kami. Sehingga kegiatan ini dapat menjadi signature kami dalam mengubah fungsi utama perpustakaan kembali seperti awal tujuan berdirinya ruangan itu.

Sponsor Utama :
1. Museum Mandiri

Affiliasi :
1. Bosbis.com
2. PT. Zenius Education

Kerjasama komunitas
1. Cakrawala theater 2013 (kelas theater)
2. Cakrawala writing 2013 (kelas menulis)
3. Gapai 2011-2012 (kelas melukis dan menggambar)
4. Polyglot Indonesia (publikasi rekrutmen volunteer)
5. GMB (Publikasi rekrutmen volunteer)

Tidak ada komentar: